Minggu, 27 Maret 2011

MEMBRAN SEL

MEMBRAN SEL

definisi :membran sel (disebut juga membran plasma) adalah lapisan ultratipis yang melapisi seluruh permukaan sel. semua sel memiliki membran sel.

fungsi : mengatur keluar masuknya zat-zat dari dan ke dalam sel. hal itu disebabkan membran sel bersifat selektif permeabel, yaitu mampu menyeleksi zat-zat yang akan masuk ke dalam sel.

rangka dasar : tersusun atas 2 lapis senyawa lemak (lipid bilayer). Lemak yang menyusun membran adalah jenis fosfolipid.  satu unit fosfolipid terdiri atas bagian kepala polar yang bersifat hidrofilik (mengikat/suka air), dan bagian ekor nonpolar yang bersifat hidrofobik (menolak air). bagian ekor terletak pada bagian membran sel, bagian kepala terletak di luar membran sel. satu unit fosfolipid ini berpasangan dengan unit fosfolipida lainnya dengan posisi saling berlawanan sehingga membentuk dua lapisan fofolipid.
ini dia penampang membran sel
selain lipid, membran sel juga terdiri atas protein. Protein dapat disebut penunjang rangka dasar membran sel. ada 2 macam protein yaitu : protein integral yang letaknya menembus kedua lapisan lipid, dan protein periferal yang letaknya menempel di permukaan lapisan lipid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar